Minggu, 06 Maret 2011

Sejarah Kecamatan Sangkulirang



 KECAMATAN SANGKULIRANG
 KABUPATEN KUTAI TIMUR
 PROV. KALIMANTAN TIMUR
Kecamatan Sangkulirang merupakan salah satu kecamatan tertua di Kabupaten Kutai Timur. Sebelum terbentuknya Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Sangkulirang masuk dalam wilayah Kabupaten Kutai. Sejak dikeluarkannya UU No. 47 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang, maka Kecamatan Sangkulirang masuk dalam Wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Kecamatan Sangkulirang mempunyai luas wilayah 3.522,58 Km2, yang  tersebar di pesisir pantai Teluk Sangkulirang. Secara geografis Kecamatan Sangkulirang terletak pada titik 1̊ 42’07” – 0̊ 47’45” Lintang Utara dan 117̊ 14’02” - 118̊ 12’0” Bujur Timur. Sedangkan secara administrasi Kecamatan Sangkulirang berbatasan langsung dengan : Sebelah Utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Karangan, Sebelah Selatan berbatasan langsung dengan Kecamatan Kaliorang, Sebelah Timur berbatasan langsung dengan Kecamatan Sandaran dan Selat Makasar, Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Koubun.

2 komentar:

  1. tanggal/ tahun lahirnya kec sangkulirang kapan ya ?

    BalasHapus
  2. Menurut artikel yang saya baca sangkulirang ada pada tahun 1900-an yang mana pada saat itu kerajaan kutai mengutus seseorang yang bernama Mas fatih abdul manaf untuk memerintah dan mengelola kawasan tersebut.

    BalasHapus

 

PNPM KEC. SANGKULIRANG KUTIM Designed by tayodx@technologist.com | Free Blogger. presents HD TV Desa Mandiri Online. Featured on Propinsi Kaltim. © 2011